latest Post

Tutorial Membuat Captcha Code di CodeIgniter

Assalamualaikum, halo! kembali lagi bertemu dengan saya (tepatnya dengan tulisan saya) ini. Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial membuat captcha code masih di codeigniter. Tentu kalian sudah tahu apa itu captcha, karena jika tidak tahu ngapain juga kalian baca artikel ini. bercanda!

Captcha yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Jadi, si pengguna (manusia-lah) yang harus menjawab tantangan tersebut.

Captcha ini biasanya digunakan jika hendak ingin login ataupun sign-up ke sebuah situs tertentu. Tujuannya jelas agar informasi yang dimasukkan benar-benar dari seorang manusia dan bukan dari sebuah komputer.

Oke, sudah tahu apa itu captcha dan kegunaanya mari kita terapkan di proyek Codeigniter kita masing-masing. Di sini kita akan menggunakan helper milik Codeigniter sendiri, jadi tidak perlu download plugin tambahan.

Pertama, buat sebuah folder baru di root folder codeigniter kamu, beri nama captcha. Jadi hasilnya akan seperti folder_codeigniter/captcha

Tutorial Membuat Captcha Code di CodeIgniter

Kedua, setting helper captcha agar di-autoload. Buka file autoload di folder config dan tambahkan captcha di dalam array helper

Ketiga, buat controller baru terserah mau diberi nama apa. Sebagai contoh saya buat controller dengan nama CPanel, dan ketikkan kode berikut ini.


Keempat, buat view baru dengan nama LoginView.php. Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan Captcha.

<?=$image;?>

Sekarang coba jalankan dengan cara akses controller yang baru saja dibuat. Seharusnya sudah bisa tampil Captcha-nya. Jika berhasil akan tampil captcha seperti di bawah ini.

Tutorial Membuat Captcha Code di CodeIgniter

Sudah tampil? Nah sekarang caranya agar captcha cocok dengan inputan pengguna ketik kode berikut ini di dalam controller Cpanel.php yang sudah kita buat sebelumnya.


Nah, dengan kode tersebut seharusnya proses pencocokan captcha sukses dilakukan. Bagaimana cukup mudah bukan? dengan helper yang disediakan Codeigniter kita tidak perlu menggunakan plugin captcha tambahan seperti Securimage.

Oke, sampai di sini dulu. Jika ada pertanyaan, silahkan... babay!




About taufiq

taufiq
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar